Minggu, 10 Mei 2009

Valentin Day ...?

Ketua LKAAM Sawahlunto : Valentine Day Bukan Budaya Kita
Sabtu, 14/02/2009 12:03 WIB
padangmedia.com - SAWAHLUNTO - Maraknya anak muda yang merayakan tanggal 14 Februari hari ini sebagai Hari Valentine dinilai kaum adat di Sumatera Barat bukanlah merupakan budaya Minangkabau.

“Valentine day bukan budaya kita. Apalagi kalau dirayakan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan adapt ketimuran.,” ungkap Adi Muaris Khatib Kayo, Ketua LKAAM Kota Sawahlunto, Sabtu (14/2)

Ditambahkan Adi Muaris, jika seseorang ingin menyatakan kalau kasih saying, mengapa harus pakai suatu hari. Hendaknya kasih sayang itu dinyatakan dalam perilaku setiap hari. Apalagi rasa kasih sayang terhadap orang tua, seharusnya dilakukan setiap saat.

“Bagi anak kemanakan kita, seharusnya disadari, budaya valentine day itu bukan budaya kita. Janganlah melebihkan satu hari dengan kegiatan khusus, apalagi sampai ada kegiatan yang hura-hura. Jika di ranah Minang, kasih sayang itu perlu dijalin dengan sillaturrahmi dan persahabatan,” jelasnya.

Adi Muaris menghimbau anak dan kemenakan di Minangkabau, agar jangan terlalu larut dengan budaya global yang lebih banyak menyesatkan dari pada baiknya. “Lebih baik menyatakan kasih sayang kepada sanak keluarga dengan bersilaturrahmi. Terutama kepada orang tua, kasih sayang harusnya setiap hari, tidak hanya pada satu hari saja,” himbaunya. (Tumpak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar