Sabtu, 09 Mei 2009

Pariwisata

“Mak Itam”, Perintis KA Indonesia
Oleh : Tumpak Abdurrahman S

25-Feb-2009, 10:35:19 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia, Sawahlunto - Pluit panjang dan keluarnya asap dari cerobong lokomotif uap E1060 ”Mak Itam“ menandai peresmian beroperasinya kereta api tua ini sebagai transportasi wisata di Stasiun Kereta Api Sawahlunto, Sabtu (21/2), akhir pekan lalu.

"Mak Itam adalah perintis perkeretaapian di Indonesia yang tak dapat dilupakan begitu saja karena ini juga merupakan sejarah bangsa," kata Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Jamal, saat meresmikan lokomotif uap yang turut dihadiri Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi.

Keistimewaan pembakaran dan juga usia loko uap ini menggambarkan perkembangan perkeretaapian yang sangat erat hubungannya dengan batubara. "Di sinilah letak keistimewaannya karena pembakarannya dengan batubara," ungkap Menhub.

"Kerja keras seluruh masyarakat Sumbar dengan gubernur, walikota dan berbagai pihak membuktikan semangat untuk memajukan wisata di Sumbar. Perjuangan membawa Mak Itam pulang kembali ke kampung halamannya memang tidak mudah. Mudah-mudahan dapat dimaksimalkan dan memajukan wisata Sumbar," tandasnya. Adapun lokomotif uap Mak Itam sebelumnya berada di Ambarawa.

Sejumlah artis ibukota, seperti Slamet Raharjo, Christine Hakim dan Ira Wibowo turut memeriahkan peresmian Mak Itam sebagai transportasi wisata. Bahkan mereka turut serta naik kereta api wisata ini dari Padangpanjang. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar