Sabtu, 09 Mei 2009

Pariwisata

Museum Kereta Api Sawahlunto
Oleh : Tumpak Abdurrahman S

26-Apr-2009, 01:16:23 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia - Belum lengkap rasanya bila belum berkunjung ke Kota Sawahlunto kalau anda pengagum perkeretaapian. Di kota ini ada Museum Kereta Api yang membawa Anda berhadapan langsung dengan sejarah alat angkut legendaris yang konon sama tuanya dengan sejarah ala kolonial di tanah air.

Sawahlunto dahulu menjadi tempat peraduan para pengadu nasib dengan adanya kandungan batubara. Sisa kejayaannya sebagai kota tambang itu kini dikemas menjadi sejumlah obyek wisata sejarah, salah satunya Museum Kereta Api yang terletak di Kampung Teleng yang tak jauh dari pasar kota.

Di museum ini dipajang berbagai peralatan kereta api, seperti label pabrik, dongkrak, rel, alat komunikasi, sinyal kereta, dan foto-foto sejarah perkeretaapian di Sumatera Barat. Semuanya tersimpan rapi di museum ini. Selain itu, di halaman museum juga terdapat beberapa gerbong pengangkut batubara, sebuah lori wisata, dan dua gerbong kereta api yang terbuat dari kayu. Jadi menarik bagi kita, terlebih hadirnya lokomotif uap yang sebelumnya mangkal di museum kereta api Ambarawa, akhirnya Loko Uap Mak Itam ini pulang kampung ke Sawahlunto.(*)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar