Minggu, 10 Mei 2009

Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup

Jangan Berladang dengan Bakar Lahan!
Oleh : Tumpak Abdurrahman S

19-Feb-2009, 11:20:57 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia - Sawahlunto. Waspadalah apabila membakar lahan untuk membuka lahan pertanian, terlebih cuaca panas dan angin kencang.

Suryanto Ka. UPT Pemadam Kebakaran Sawahlunto mengatakan, Dampak dari membakar untuk membuka lahan pertanian ladang, Rabu (18/2) siang lalu terjadi kebakaran. “Hampir saja merambat ke perkampungan warga di Tanjung Sari kelurahan Aurmulyo,” katanya Senin (16/2) di markas BPK.

Cuaca yang tak mendukung saat ini, katanya lagi, kemarau dengan angina kencang akan menjadi pemicu akan terjadinya kebakaran, terlebih arel lading yang dekat dengan perkampungan, dampaknya akan berbahaya. Kita harus tahu, ulas Suryanto, topografi kota Sawahlunto yang perbukuitan dan terjal akan menyulitkan tindakan penanganan bahaya kebakaran, “Kita berharap masyarakat tidak melakukan hal yang sama seperti minggu siang lalu,” tuturnya.

Dengan dukungan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan linmas di desa dan kelurahan juga diharapkan kerjasamanya dalam mensosialisasikan akan antisipasi bencana bahaya kebakaran dilingkungan terdekat, katanya berharap. (Tumpak Abdurrahman S)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar