Sabtu, 09 Mei 2009

Kesehatan

Wabah Malaria Landa Sawahlunto
Oleh : Tumpak Abdurrahman S

22-Apr-2009, 22:57:29 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia, Sawahlunto - Wabah malaria sering melanda kota Sawahlunto, terlebih saat terjadi pertengahan Januari di desa Silungkan Tigo kecamatan Silungkang dan Februari di Tigo Tumpuk desa Kumbayau kecamatan Talawi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sawahlunto Hermansyah, mengatakan pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara berkala dan rutin akan menghambat perkembangan wabah malaria, katanya Rabu (22/4) diruang kerjanya. Hermansyah menjabarkan, abatisasi dan fogging hanya bersifat sesaat dalam PSN, hanya dengan membenahi bersama sanitasi dan pembersihan lahan maka mata rantai perkembangan nyamuk akan terputus.

Terlebih topografi beberapa daerah kita ada yang berbentuk lembah dan lahan lembab yang memungkinkan terjadinya kantong-kantong genangan air, baik di nagari lunto, Silungkang dan Kumbayau, mimana nyamuk ini lebih dapat berkembang biak. Sampai saat ini kota Sawahlunto merupakan daerah tertinggi terjadinya wabah malaria dan pernah terjadi kejadian luar biasa (KLB) di dua tempat yaitu di desa Silungkang tigo korban sebanyak 152 orang dan meninggal 3 orang dan di Kumbayau Talawi 56 orang korban.



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

Tidak ada komentar:

Posting Komentar