Minggu, 10 Mei 2009

ForWIS

Forum Wartawan Independen Sawahlunto
F o r W I S

Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa,

Jurnalis merupakan profesi yang memiliki arti penting dimasyarakat dalam memberikan pendidikan, informasi, penerangan, dan pencerahan terhadap masyarakat luas melalui sarana media baik media cetak dan elektronik.

Namun keberadaan aktifitas jurnalisik masih kurang mendapat perhatian secara umum di masyarakat serta adanya anggapan jurnalistik adalah milik kepentingan atau kelompok tertentu.

Untuk menepis anggapan tersebut, serta membangun kesepahaman, keselarasan, dan unsur keadilan dalam memberikan informasi yang baik dimasyarakat dan mengacu kepada Unadang-Undang Pokok Pers No. 40 Tahun 1999.

Untuk melindungi aktifitas profesi jurnalistik dan mengacu kepada kepentingan masyarakat banyak maka berhimpunnya beberapa rekan-rekan jurnalis untuk diusulkanlah sebuah wadah untuk menghimpun aktifitas jurnalistik serta informasi dikota Sawahlunto untuk diinformasikan kepada masyarakat banyak melalui media cetak dan elektronik.

Disamping itu keberadaan aktifitas jurnalistik tidak menjadi sebuah alat bagi kepentingan dan kelompok tertentu namun menjadi milik masyarakat umum sesuai kode etik jurnalistik

Maka wadah inilah kami sepakati bersama dinamakan Forum Wartawan Independen Sawahlunto yang disingkat ForWIS, yang berdiri pada hari Minggu tanggal 21 November tahun 2004 lalu.

Merasa amat pentingnya penyebarluasan informasi dan merasa turut peduli terhadap kepentingan masyarakat, tahap demi tahap perjalanan tugas rekan – rekan jurnalis ForWIS yang berlatar belakang insane pers media cetak dan electronik berupaya membuka akses informasi kepada masyarakat luas.

Dengan Web Site ForWIS ini diharapkan adanya informasi timbal balik dari kami dan masyarakat luas tentunya dengan harapat sebagai sumbangsih kita dalam membangun kota kita ini.

• Aktifitas Forum Wartawan Independen Sawahlunto :
 Menjalankan tugas profesinya untuk melaksanakan berbagai kajian, diseminasi pemikiran, penelitian inivatif strategis dan antisipatif serta merumuskan persoalan yang menyangkut masyarakat kota Sawahlunto.
 Berperan aktif dalam melindungi profesi, hak-hak dan kepentingan masyarakat.
 Partisipasi aktif dalam mewartakan kepentingan aspirasi masyarakat dan kota.
 Mempublikasikan hasil kajian, penelitian, temuan, klarifikasi sebuah informasi berbasis masyarakat dan kepentingan masyarakat melalui media cetak dan elektronik.


• Forum Wartawan Independen Sawahlunto bersifat :
1. Independen, Profesional, Impartisan, Imparsial kekeluargaan dan Kemandirian.
2. Inklusif dalam aktifitasnya, hal ini karena melibatkan masyarakat banyak, namun eksklusif dalam issu, thema, pokok kegiatan yang diangkat sesuai dengan latarbelakang media masing-masing anggotanya.


Tujuan Forum Wartawan Independen Sawahlunto
 Mendorong aktifitas jurnalistik menjadi lebih baik dan sesuai dengan kepentingan masyarakat luas dalam koridor hukum dan kode etik profesi jurnalis.
 Mendorong terwujudnya masyarakat yang cerdas, adil dalam mendapatkan informasi yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar