Jumat, 29 Januari 2010

Desa Taratak Bancah Sawahlunto


Desa Taratak Bancah Silungkang, Dambakan Aliran Listrik

Senin, 25/01/2010 09:32 WIB

padangmedia.com - SAWAHLUNTO-Desa Taratak Bancah yang terletak dibagian paling selatan Kota Sawahlunto, sangat mendamkan listrik.

Desa ini dulunya merupakan salah satu desa di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung yang termasuk dalam perluasan Kota Sawahlunto, sesuai diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1990.


Kepala Desa Taratak Bancah Djamidin N megatakan, ketika desa lain sudah terang benderang dengan menikmati fasilitas listrik untuk penerangan dan sarana penggerak ekonomi serta hiburan lain, Warga Taratak Bancah masih jauh dari harapan itu. "Entah kapan desa kami akan masuk listrik, "kata Djamidin


Alasan kurang ekonomis dengan penduduk hanya sekitar 600 jiwa dan jarak yang cukup jauh dari pusat pemerintahan desa tersebut menjadi pertimbangan Pemerintah Kota Sawahlunto. Jadi belum mendapat prioritas dan belum memungkinkan untuk memasukkan listrik ke desa yang berjarak 7 kilometer dari Muarakaban ini.
"Kita rindu Taratak Bancah ini masuk listrik dan terang benderang seperti desa lain di Sawahlunto. Kini, hanya lampu petromak dan lampu dinding dengan bahan bakar minyak tanah menjadi penerang dikala malam,"tutur Yusri, warga desa itu.

Ia menilai, sudah tiga Walikota Sawahlunto, diantaranya ada yang menjabat dua priode dan entah berapa kali pemilu legislatif. Namun, tak yang memikirkan dan memperjuangkan harapan warga Desa Taratak Bancah tentang listrik ini.

"Mungkin, karena kami banyak warga miskin sehingga khawatir tidak akan mampu membayar tarif listrik atau membayar biaya beli tiang untuk memasang jaringan, " keluh seorang warga desa lainnya.


Sebagian besar Warga Desa Taratak Bancah banyak yang bekerja sebagai petani dan mengolah kebun.(tumpak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar