Jumat, 22 Januari 2010

PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS

Klinik Bersalin Kasih Ibu Tak Miliki Incenerator

Jumat, 22/01/2010 10:59 WIB


padangmedia.com - SAWAHLUNTO Klinik Bersalin Kasih Ibu Silungkang tak punya Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL), terlebih dalam pengelolaan limbah sampah medis.

Padahal aktifitas klinik ini sangat tinggi dimana telah mempunyai ruang inap dan menyediakan dokter spesialis, tentu banyak mempergunakan alat medik yang pasti menimbulkan sampah.


Pemilik klinik Dasril Munir mengatakan, tidak benar klinik kita tidak mengelola limbah dengan baik. “ Memang ada beberapa sampah medis dari aktifitas klinik, namun kita tumpuk dalam wadah ” tegasnya kepada padangmedia.com Jumat (22/01).


Ditambahkan, Dasril , memang klinik kita belum punya Incenerator . Setelah sampah banyak terkumpul di drum, sampah itu dibakar. Jadi sampah medis tidak dibuang kemanapun.


Sebelumnya, Kapala Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (LHKP) Ediyarman mengatakan, dalam mengeluarkan perizinan, termasuk sebuah klinik, perlu dilakukan koordinasi.

Karena perizinan berkaitan dengan adanya perencanaan analisa dampak lingkungan (Amdal) serta pengelolaan limbah
“Ini merupakan lembaran tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sehingga tidak mengabaikan UKL dan UPL yang menjadi kewajibannya. Kita harap sejak awal diperhitungkan agar dikemudian hari tidak timbul permasalahan lingkungan” ungkapnya.

Terutama yang berkaitan dengan pengelolaan sampah dan limbah yang berbahaya,. (tumpak)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar