Senin, 08 Maret 2010

SAWAHLUNTO DREAM LAND



Bakal Menjadi Pusat Wisata Terbesar Pertama di Sumatera

Sabtu, 27/02/2010 20:49 WIB


padangmedia.com - SAWAHLUNTO - Sawahlunto Dream Land direncanakan bakal menjadi pusat wisata terbesar pertama di Sumatera dan kedua di Indonesia . Ini sebuah karya daerah yang dikerjakan sendiri oleh investor perusahan putra yang energik di kota Sawahlunto.

Hal itu disampaikan Walikota Sawahlunto Amran Nur saat peletakan batu pertama Sawahlunto Dream Land, di kawasan wisata Kandih, Sabtu (27/2)

Jika saja ada sepuluh orang putra daerah semacam itu, kata Amran Nur bukan tidak mungkin Kota Sawahlunto ini akan menjadi sebuah kota kunjungan wisata terbesar di Sumatera, kalau perlu menjadi yang terbesar di Indonesia . “Kita melihat potensi itu dan kita akan terus berjuang mewujudkan semua itu dengan baik sesuai dengan tradisi dan budaya masyarakat kita,” ucapnya dalam press relis humasprov kepada padangmedia.com.

Saat ini Kota Sawahunto telah menjadi Kota Wisata, tidak perlu menunggu tahun 2020 sesuai dengan RPJP nya. Sawahluto telah berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan pada tahun 2009 telah lebih dari setengah juta pertahun. Ia berharap ditahun-tahun mendatang dapat mencapai 1 juta orang lebih pertahun.

Selain saat ini giat membangunan sarana dan prasarana pariwisata, Sawahluto juga mengembangan wisata Green Turism, Sawahlunto yang hijau untuk memberikan kenyaman dan kesejukan di daerah ini.

“Sawahlunto Hijau juga akan menggerakkan pemberdayaan masyarakat dalam menanam sepuluh pohon masing-masing keluarga. Selain itu kita juga berharap kepada masyarakat untuk mewajibkan setiap pasangan yang ingin berumah tangga memiliki syarat minimal 30 pohon tertanam, “ungkapnya

Dikatakan Amran, kawasan Wisata Kandi Sawahlunto ini akan terus dikembangkan sesuai dengan perencanaan yang dilakukan secara berkesinambungan. Nantinya akan ada 15 objek wisata yang akan menjadi ikon wisata Kandis antara lain, Gelanggang Pacu Kuda Nasional, Taman Safari Kandi, Breeding Sapi ( PT.LBS), Sirkuit Road Race, Rencana Stadion, Taman Hutan kota, Lapas Narkoba, Wisata Air Danau Tandikat, Rencana Perumahan, Dream Land Acron, Rencana Kawasan Perhotelan, Rencana Lokasi Penakaran Buaya, Danau Kandi dan Pengembangan PT. LBS.

Hadir dalam peletakan batu pertama itu sejumlag Muspida Sawahlunto, Kepala Dinas Kehutanan Ir. Hendri Okta, Wakil Walikota, Ketua DPRD serta beberapa kepala SKPD terkait dilingkungan Pemko Sawahlunto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar