Jumat, 24 Juli 2009

Sapi Bantuan Sawahlunto

DPRD Nilai Penyaluran Bantuan Sapi Tidak Transparan

Rabu, 22/07/2009 08:15 WIB


padangmedia.com - SAWAHLUNTO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto desak eksekutif agar lebih selektif dan transparan dalam menyalurkan bantuan dana yang dikucurkan dari APBN ke Dinas Sosnaker Kota Sawahlunto.

Ketua Komisi A Nurhayati mengatakan , seharusnya bantuan sapi Kelompok Usaha Bersama sebesar Rp1 miliar sudah cair pada September 2008. Namun baru Januari tahun ini ditindak lanjuti. “ Tak transparan serta terinci siapa saja penerimanya” katanya Selasa (21/7) di gedung dewan.

Ketika ditanyakan mengapa terlambat mendistribusikannya, ulas Nurhayati, jawab Dinas Sosnaker, karna harga sapi terlalu mahal pada September. “Lalu mengapa ada laporan lengkap dengan tanda terima penyaluran sapi tersebut,” paparnya.

Ia mengajak agar dinas yang menyalurkan bantuan hendaknya transparan serta memaparkan hasil serta pemberdayaan yang telah dilakukan terhadap bantuan tersebut.

“Kemana dan siapa serta kriteria penerimanya, harus jelas dan rinci. Bukan setelah memberikan bantuan hanya selesai sampai di sana saja,” kata anggota DPRD dari PAN ini.
Dinas Catatan Sipil Sosial dan Tenaga Kerja Kota Sawahlunto menanggapi sorotan DPRD setempat tentang penyaluran sapi bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Kota Sawahlunto tahun 2008.

Menurut Kabid Bina Sosial Dinas Capilsosnaker, Rusman, prosedur dan sosialisasi kepada Kube sudah tepat. Sementara, terkait pelaksanaannya diserahkan kepada pihak Kube sendiri.

Diakui Rusman, sampai Januari 2009 masih ada sebagian Kube yang belum membeli sapi. Alasannya, pada bulan September dan akhir tahun, harga sapi terlalu mahal. Bahkan, menurut Rusman, masih ada Kube yang sampai saat ini belum membeli sapi tersebut.

Dana bantuan sapi tersebut berasal dari dana dekonsentrasi yang jumlahnya mencapai Rp1,6 miliar. Dananya ada yang disalurkan melalui Bank Nagari dan ada juga melalui BRI.

“Untuk 22 Kube masing-masing sebesar Rp30 juta, disalurkan melalui BRI. Namun, pengambilan dananya melalui rekening Kube langsung,” katanya. (tumpak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar