Selasa, 07 Juli 2009

Pariwisata

Rasa Aman, Kunci Penarik Wisatawan
Oleh : Tumpak Abdurrahman S
06-Jul-2009, 17:31:22 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia, Sawahlunto - Perilaku Sapta pesona bagi masyarakat dan pelaku pariwisata amat penting dalam menwujudkan visi misi kota Sawahlunto menjadi kota wisata tambang yang berbudaya 2020.

Walikota Sawahlunto Amran Nur mengatakan, menciptakan rasa aman, tertib, berprilaku yang meningkatkan kebersihan, dan keramahan tentu menjadi daya tarik yang diharapkan bagi wisatawan yang datang ke kota ini.

"Mulailah dari lingkungan pariwisata dan objek wisata," katanya Sabtu (4/7) saat Sarasehan Sapta pesona di Water boom Muara kalaban.

Contoh terkecil, ulas Amran, kebersihan Toilet di rumah makan. "Amat sulit mencari rumah makan yang toiletnya sesuai standar kebersihan," ulasnya.

Standar hargapun harus transparan, jangan berlaku aji mumpung karena yang datang orang luar atau turis mancanegara, harga jadi naik.

Buah dari kesuksesan dalam menjadikan Sawahlunto destinasi pariwisata buka pada pemerintah saja. "Peran masyarakat dan pelaku pariwisata amat penting," harap Wako.

Turut hadir dalam sarasehan ini, Staf Ahli Mentri Parsenibud RI bidang Hubungan antar lembaga Thamrin Depari, Kadinas Pariwisata H Gusrial, Ketua Dekranasda Emnidar Amran dan pelaku wisata seperti pedagang sovenir, pengrajin tenun dan tokoh masyarakat. (*)

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar