Jumat, 24 Juli 2009

Kebakaraaan ...

Makam M.Yamin di Talawi Terbakar

Minggu, 19/07/2009 16:51 WIB

padangmedia.com SAWAHLUNTO- Makam Pahlawan Nasional Maha Putra Moh.Yamin di Talawi SawahluntoMinggu (19/7) terbakar sekitar pukul 15.32 WIB.

Menurut saksi mata Amrizal (27) warga Talawi Mudik kepada padangmedia.com, api pertama terlihat dari pembakaran sampah di sekitar makam."Saya tidak tahu penyebabnya. Tiba-tiba saja saja saya sudah melihat kebakarannya dari seberang jalan" katanya

Masih menurut Amrizal, mobil pemadam kebakaran dari Sawahlunto datang ke lokasi lebih kurang 35 menit kemudian. Api dapat dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran bersama warga Talawi Mudik satu
jam kemudian.

Begitu mendengar kabar terbakarnya makam pahlawan Nasional Maha Putera M.Yamin, Wakil Walikota Sawahlunto Erizal Ridwan langsung melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran, MInggu (19/7).

Dalam kesempatan itu Erizal mengatakan, secepatnya dilaporkan ke pemerintah pusat sesuai dengan kronologis dan kerugian serta rancangan renovasinya. “ini makam inventris nasional kita harus cepat laporkan” katanya.

Menyinggung asal dan sumber kebakaran, Erizal menghimbau agar jangan dulu memvonis atau saling menyalahkan siapa yang membuat kejdian ini terjadi, "Serahkan saja pada pihak yang berwajib. Ini musibah yang juga musibah bangunan inventaris nasional” katanya.

Ikut mendampingi wawako, Asisten II Muhksis, ka Dinas Sosnaker Maryusfi, Camat Talawi Dedi Ardona dan Anggota DPRD Afdalisman. "Awal api dari pembakaran sampah di bawah pohon jengkol yang berjarak 15 meter dari gedung makam" kata Kapolsek melalui Kanit Reskrim Brig.Epi Yuhendra didampingi Ka.SPK Brig.Zulhendri Polsek Talawi Sawahlunto kepada padangmedia.com Minggu (19/7)di mapolsek.

Menurut Epi, pegawai honor Pustaka Moh Yamin Rahmadonal (31) membakar sampah yang telah ia kumpulkan dekat pohon jengkol sekitar puluk 15.00 WIB . "Angin kencang mengkibatkan bibir api menjangkau pohon yang meneruskan api menjalar ke atap gonjong makam yang terbuat dari ijuk" katanya.

Dengan cepat api membakar makam Moh.Yamin yng sebagian besar terbuat dari kayu, kaca dan ijuk.

Saat ini pihak kepolisian akan memeriksa saksi dan meminta keterangan baik dari Rahmadonal dan Gushairi 33 tahun yang juga pegawai Makam. "Dugaan kuat akibat membakar sampah yang dilakukan Rahmadonal" katanya. (tumpak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar