Minggu, 04 Juli 2010

Kakao di Sawahlunto


Harga Jual Kakao di Sawahlunto Terus Menurun

Minggu, 06/06/2010 09:55 WIB


padangmedia.com -
SAWAHLUNTO- Harga jual kakao di Sawahlunto terus mengalami penurunan. Jika sebelumnya harga kakao Rp 26 ribu per kilogramnya, saat ini turun menjadi Rp 19 ribu sampai Rp 17,500 perkilo ditingkat pengumpul.

"Penurunan harga kakao sudah terjadi dalam tiga minggu ini dan penyebabnya tidak terlalu jelas, sebab saat ini hasil panen petani hanya sedikit dan harganya pun ikut turun. Padahal, dalam ekonomi jika produksi turun maka harga akan melambung,"kata salah seorang petani, di Muara Kalaban Kec.Silungkang, Sabtu (06/06)

Dengan kondisi harga yang terus mengalami penurunan tersebut, katanya petani kakao sangat kesulitan saat ini apalagi mereka yang mata pencariannya hanya menjadi petani kakao. Untuk itu, para petani mengharapkan kepada pemerintah dapat mengambil sikap. "Sebenarnya yang terpenting adalah kestabilan harga dari produk perkebunan tersebut, namun untuk saat ini harga kakao naik turun,"kata ayah empat anak ini.

Hal yang sama juga dikatakan petani kakao di Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah segar, Jasri (38) yang sangat menyayangkan bila harga sejumlah komoditi terus mengalami penurunan, padahal petani sangat mengharapkan adanya kenaikan pada harga komoditi pertanian khusus kakao.

Ditambahkannya, pemerintah daerah hendaknya mencarikan solusi, bagaimana untuk menstabilkan harga-harga komoditi pertanian di desa ini, sebab masyoritas masyarakat di kenagarian Kubang ini baik dipekarangan maupun ladangnya ditanami kakao,”Kami tidak tahu apakah ada permainan harga ditingkat toke, atau dipengumpul, tentu pemerintah yang lebih berwenang memantaunya” pungkasnya.(tumpak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar