Selasa, 10 November 2009

Generasi muda Sawahlunto

Peringati Hari Pahlawan

Generasi muda Sawahlunto, Napak Tilas rute Pejuang

Senin, 09/11/2009 16:01 WIB


padangmedia.com - SAWAHLUNTO – Memperingati Hari Pahlawan ke 64 yang jatuh tanggal 10 November tahun ini, 100 orang pemuda di Kota Sawahlunto mengikuti napak tilas rute pejuang. Napak tilas dimulai Selasa (10/11) besok dimulai dari Stasiun Muaro Kalaban.

Sekretaris Panitia Peringatan Hari Pahlawan, Adi Muaris didampingi salah seorang pengurusnya, Ritu Karianto mengatakan, kegiatan itu akan diikuti oleh generasi muda dari unsur Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pramuka dan pelajar. Dalam perjalanan, mereka dibimbing oleh DHC 45.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari,” katanya kepada padangmedia.com Senin (9/11) di balaikota setempat.

Sebelum melakukan napak tilas, para peserta mengikuti sarasehan dengan pelaku sejarah dan DHC 45 di Masjid Nurul Fallah, Muara Kalaban Kecamatan Silungkang.

Sementara, rute yang akan ditempuh menurut Ritu Karianto adalah start dari Stasiun Muaro Kalaban melalui Silungkang menuju Lantiak Malaweh Desa Pasar Kubang. “Ini merupakan rute perjuangan Silungkang yang menuju Bukitkuniang tempat peristirahatan di lokasi bekas base camp pejuang,” katanya.

Dari Bukit Kuniang nantinya akan menuju Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar. Mereka selanjutnya akan bermalam di SD N 5 Kubang Sirakuk Utara di kawasan Makam Pahlawan Sawahlunto sekaligus melakukan renungan suci di makam pahlawan tersebut.

Napak tilas akan berakhir dengan mengikuti upacara bendera peringan hari pahlawan di Lapangan Ombilin pada Rabu (10/11). (tumpak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar