Selasa, 10 November 2009

rakyat menjeriit


Korban Longsor dibantu Rp80 per jiwa

Jumat, 06/11/2009 16:58 WIB


padangmedia.com - SAWAHLUNTO - Pemerintah Kota Sawahlunto mengambil kebijakan untuk membantu korban longsor di Pondok Kapur, Kubang Sirakuk yang terjadi Jumat (30/10). Bantuan yang diberikan adalah berupa uang lauk pauk dan beras sebesar Rp80 ribu per jiwa.

Bantuan mulai diterima Jumat (6/11) ini setelah kemarin utusan korban longsor mendatangi DPRD kota Sawahlunto sekitar pukul 15.30 WIB. Mereka kemarin diterima Wakil Ketua DPRD, Emeldi didampingi Ketua Komisi C, Hasjoni Sy, Sekertaris Komisi C Adi Ikhtibar dan Sekwan, Yasrul Ilyas.

Kepala Kantor Kesbang Sawahlunto, Adriyusman saat ditemui di ruang kerjanya kepada padangmedia.com mengatakan, sesuai hasil kesepakatan dan kesimpulan dengan DPRD dan utusan warga, Pemko akan membantu hanya Rp80 ribu per jiwa.

Bantuan itu diperuntukkan untuk kebutuhan selama empat hari sampai Senin (9/11). Untuk kelanjutannya masih menunggu keputusan tim teknis dan Bidang Sosial Dinas Sosnaker.

Menurut Adriyusman, hari ini tim teknis perencanaan dan pelaksana dari PU mematok lajur serta daerah yang akan dibuat diding penahan. “Itu merupakan hasil keputusan rapat kita hari ini yang dipimpin wakil walikota,” kata Sekretaris Satkorlak PB Sawahlunto itu.

Sebelumnya, tujuh orang perwakilan korban longsor mengadukan nasibnya yang masih terkatung-katung ke anggota dewan. Meraka sudah sepekan mengungsi dan tidur di tenda. Belum ada kepastian kapan mereka diperbolehkan membangun kembali rumah yang telah retak dan amblas karena kondisi tanah belum diperiksa keamanannya.

Selain tidak ada tempat tinggal, mereka juga mengadukan kondisi ekonomi yang makin sulit. Karena itu, para korban longsor berharap bantuan dari Pemko Sawahlunto. (tumpak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar